-->

Tips Transfer Uang Antar Bank

Aturan baru BI, jika anda hendak transfer dana dari bank ke bank. Misal dari Bank Mandiri ke Bank BCA maka anda perlu mengetahui aturan baru ini.
Transfer Uang Antar Bank
1. Jika dana anda Rp.100 juta ke atas maka anda bisa menggunakan jenis transaksi RTGS. RTGS membuat transaksi menjadi cepat karena transaksi langsung dari bank to bank. Atau bisa dikatakan online. Walaupun biayanya lebih mahal tapi RTGS menjamin kenyamanan, kecepatan dan kepastian dana anda karena verifikasi penerima dana dilakukan pada saat itu juga.

2. Jika dana anda di bawah Rp.100 juta , misal Rp60 juta. Maka pilihan transaksi yang bisa dilakukan jika beda bank adalah kliring. Dulu kliring memakan waktu hingga 2-3 hari kerja. Namun sekrang kliring lebih cepat jika transaksi kliring dilakukan pagi maka siang dana sudah diterima oleh penerima, jika anda masukkan slip kliring sore maka dana akan diterima keesokan harinya.


Kliring lebih lama daripada RTGS karena kliring menggunakan jalur yang lebih panjang. Urutannya adalah (misal transfer dari Mandiri ke BCA): Penyetor-Mandiri-BI-BCA-Penerima. Jadi pada saat kita di teller, maka teller tidak bisa secara online memastikan kebenaran dari nomor rekening dan nama calon penerima. Walaupun nanti dana pasti akan tertolak atau gagal kliring jika terjadi ketidaksesuaian nama dan nomor rekening.

Saran saya sebelum transaksi kliring mintalah fotokopi atau foto dari halaman pertama buku tabungan calon penerima.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel