-->

Gambaran Umum Sektor Usaha di Bidang Emas

 Usaha di Bidang Emas

Emas adalah unsur kimia kimia dengan lambang Au (bahasa Latin: aurum) dengan nomor bilangan atom 79. Digunakan sebagai bahan dasar barang-barang perhiasan seperti seni pahat untuk dibentuk patung hiasan. Logam ini banyak terdapat dalam bentuk gumpalan, serbuk atau di urat bebatuan dan butiran yang larut terbawa aliran sungai dan mengendap di sungai aluvial. Emas berbentuk padat, lunak, berkilauan dan dapat dibentuk, memancarkan cahaya warna dan kilauan kuning cerah mengkilap, secara tradisional dipertimbangkan menarik, dan tidak berkarat di udara atau air.

Pada industri moderen, seperti ilmu kesehatan gigi dan elektronik emas sering digunakan karena emas tidak dapat teroksidasi oleh korosi. Karena lunaknya emas murni (24 karat), emas biasanya dicampur dengan logam dasar lain untuk dijadikan barang-barang perhiasan. Emas yang tercampur dengan logam lain, yang berisi dalam (%) persen tembaga, atau (%) persen perak dan (%) persen palladium (Di Indonesia dikenal dengan sebutan emas putih) akan merubah karat kemurniannya, biasanya menjadi 22 karat, 18 karat, 14 karat atau 10 karat. Tembaga adalah paling umum dipakai sebagai bahan campuran logam dasar, yang mebuat warna emas menjadi kemerahan. Emas sebesar delapan belas karat (18K) akan berisi tembaga sebanyak 25%, dapat ditemukan di barang-barang perhiasan, meskipun tidak dominan.

Dari semua bentuk logam, emas adalah yang paling populer digunakan sebagai investasi. Penanam modal (Investor) secara umum membeli emas sebagai pagar asuransi harga terhadap aset (Hedge) atau tempat berlindung aman (Safe Haven) dari kekacauan ekonomi, politik, sosial, atau mata uang. Kekacauan ini termasuk kemunduran pasar investasi, inflasi, perang, dan pergolakan sosial. Investor juga membeli emas selama waktu pasar emas sedang naik untuk memperoleh keuntungan.

Peluang usaha investasi di bidang emas memang terus berkembang, namun usaha bisnis investasi jenis ini biasanya memerlukan modal yang tidak kecil, namun sebenarnya kita bisa mensiasatinya supaya modal bisa diminimkan namun prospek profit tetap besar. Emas merupakan salah satu jenis barang yang dari tahun ke tahun kecenderungan naik harganya, oleh karena itu banyak orang yang menangkap hal ini sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Jenis usaha emas yang biasa kita temukan biasanya dalam bentuk industri dan perdagangan emas.

Pada Industri emas perhiasan ataupun batangan perkembangan tekhnologi saat ini mengubah sistim pembuatan emas, adanya mesin – mesin modern menggantikan peranan para pengrajin emas yang akhirnya mereka beralih menjadi penyedia jasa reparasi dan modifikasi perhiasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel